Jumat, 15 April 2011

TEKNOLOGI BARU, KEHIDUPAN DIRI DAN SOSIAL

Email itu bisa lebih mempercepat hubungan menjadi lebih dekat dan bisa lebih terbuka mengungkapkan perasaan secara personal
Karena email salah satu media yang bersifat personal, rahasia, dan pribadi sehingga seseorang dapat mengungkapkan apa saja tanpa takut untuk diketahui oleh orang lain. Seseorang yang mempunyai rasa percaya diri kurang dapat mengungkapkan perasaannya melalui emai dan bisa menggunakan sistem chat yang pasinya dapat menjalin hubungan yang lebih terbuka secara personal.
Saya sepenuhnya tidak akan memberitahu account saya, termasuk alamat email dan password, dengan pasangan saya, karena account saya sangatlah pribadi dan penting.
Email perlu diwaspadai dan disesuaikan dengan kebutuhan agar pengguna email dapat menggunakannya sesuai kebutuhan dan dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Jika berlebihan dalam penggunaan fasilitas tersebut, maka akan menumbulkan kebiasaan yang buruk, kan terus menerus bergantung pada email dan menjadi pribadi yang individualistis. Walaupun hanya kita yang mengetahui account dan password email kita, kita harus juga lebih waspada terhadap hacker yang bisa membajak account email kita.
Kita harus mempunyai pengaman pada account kita agar tidak mudah dibajak. Selain itu,email yang masuk maupun keluar apabila sudah tidak diperlukan sebaiknya dihapus, misalnya tagihan kartu kredit dan buku harian pribadi, karena bila terjadi hacker yang membajak account kita, itu bisa menyulitkan kita sendiri.

Kalau orang yang bereksperimen dengan keragaman, berarti orang itu masih mencari jati dirinya, orang itu masih mencari apa yang sesuai dengan jiwanya, sehingga orang
ini selalu mencari sesuatu untuk dijadikan teman yang menurut dia bisa memenuhi kepuasaan jiwanya. Beda dibandingkan yang mempunyai kepribadian ganda, orang ini
sebenarnya sudah memiliki identitas dirinya, tetapi dia mencoba untuk menjadi orang lain, sehingga orang ini memiliki kepribadian ganda yang merugikan dirinya sendiri.

Saya Setuju dengan psikologi yang sehat akan semakin tergantung pada konsep-konsep identitas yang fleksibel, karena menurut saya, konsep identitas paling dasar dari psikologi yang sehat bagi seseorang adalah keluarganya. Dalam keluarga akan dibentuk psikologi dari seorang anak hingga dia menjadi dewasa. Keluarga ini harus mampu membentuk identitas bagi anak tersebut menjadi tidak hanya baik bagi keluarganya tetapi juga berguna untuk lingkungan sekitarnya. Dalam keluarga juga harus diajarkan menerima perbedaan terhadap dunia luar sehingga anak bisa menerima perbedaan dari orang-orang di luar keluarganya. Hal ini akan membentuk psikologi anak yang sehat hingga bisa membantu sang anak untuk beriteraksi dengan dunia luar.

Dunia maya bisa membentuk identitas diri baru dari diri seseorang. Kadang keadaan di dunia maya berbeda dengan kenyataannya. Banyak orang yg menurut kita kurang mampu beriteraksi saat di dunia nyata malah mampu menjadi orang yang bersahabat dan agak eksis di dunia maya. Hal ini bisa menjadi transisi kepribadian bagi mereka agar mampu beriteraksi dengan orang lain tidak hanya di dunia maya dan menghilangkan kepribadian mereka yang kurang percaya diri saat di dunia nyata.

Dari permainan komputer yang disebut game juga membuat orang di negara yang satu dapat berkenalan dengan orang dinegara yang lain. Mengapa game komputer menarik bagi berbagai kelompok-kelompok demografis? Apakah atraksi game komputer bagi perempuan dan orang tua sama seperti untuk anak-anak?
Karena biasanya game komputer mewakili tempat di mana game tersebut dimainkan. Gamer yang memainkan game komputer biasanya mencari tantangan,hiburan,dan sekaligus teman pada saat memainkan game. Dengan memainkan game komputer maka seseorang akan mempunyai pengalihan dari aktifitasnya sehari-hari. Apalagi dengan memainkan game terutama game online maka seseorang bisa mempunyai teman yang berbeda demografisnya. Game komputer tidak membatasi orang yang memainkannya.
Atraksi game bagi orang tua dan perempuan biasanya lebih mementingkan unsur hiburan karena biasanya orang tua dan perempuan tidak ingin memainkan game yang memusingkan otak dan memecahkan masalah. Sedangkan untuk anak-anak biasanya game yang lebih memiliki interaksi seperti ragnarok,dll. Game seperti ini bisa membuat anak-anak dapat berinteraksi dengan teman-temannya dan unsure edukasinya juga dapat kita lihat.

Perbedaan antara "persisten dunia“ dan "peer-to-peer” dalam game komputer Maksudnya, persisten dunia membuat semua gamer berkumpul dalam satu tempat untuk memainkan game komputer tersebut,sedangkan peer to peer membuat orang tidak harus berada dalam tempat yang sama untuk memainkan game tersebut. Mereka hanya perlu berkoneksi dengan internet untuk memainkan game itu secara bersama-sama.

Dalam hal game online dunia komputer interaktif memiliki beberapa pengguna dari game,karena dalam game online para gamer dituntut untuk berinteraktif dalam memainkan game tersebut. Dengan bekerja sama maka game tersebut akan cepat diselesaikan. Perkembangan game terbaru dan multimedia membuat bermain game komputer bersama tidak harus berada di tempat yang sama. Walaupun berbeda tempat kita bisa memainkan game bersama lewat bantuan internet dan perangkat komputer lainnya seperti headset dan webcam.

Dalam cyberpunk kita dituntut untuk bisa membuat dan berbuat yang lebih baik dari hari kemarin. Hal ini sejalan dengan teknologi yang berkembang dari masa ke masa dan haru lebih maju dari yang kemarin. Apalagi teknologi tidak mengenal batas ruang dan waktu sehingga cocok sekali dengan akar cyberpunk sebagai sastra. Cyberpunk membuat manusia lebih bias memanfaatkan teknologi. Cyberpunk sebagai sastra merupakan teknologi karena awal dari semua kemudahan dalam dunia informasi berawal dari teknologi. Cyberpunk adalah akar dari semua teknologi. Dari cyberpunk tersebut, muncullah inovasi dan kreatifitasan dari teknologi komunikasi saat ini.Dan hingga kini teknologi berkembang, menjadi lebih mudah mendapatkan informasi dan mengirim informasi. Orang dapat mengirim informasi dan mendapatkan informasi dengan mudah.
Cyber punk percaya bahwa dunia akan berkembang menjadi lebih baik, jika orang itu dapat memegang kendali dunia melalui computer. Masa depan,teknologi,fiksi, dan ilmiah. Konflik dengan dunia bisnis tradisional karena mereka tidak mementingkan tempat dan waktu seperti halnya bisnis tradisional di mana orang yang ingin berbisnis harus bertemu baru bisa melakukan transaksi,sedangkan dengan cyberpunk maka 2 pihak yang ingin berbisnis tidak harus berada di tempat dan waktu yang sama.
Promosi desentralisasi. Masyarakat yang terdiri dari berbagai budaya memiliki bahasa, tanda bahasa, dan gaya hidup yang berbeda yang harus saling menyesuaikan. Tidak mungkin menyembunyikan diri dari perubahan yang sedemikian cepat sekarang ini. Seperti mencoba menyembunyikan kepala di dalam air tetapi tetap terlihat karena badan tidak bisa disembunyikan. Menurut saya adalah kehidupan tiruan, di mana nantinya bukan si manusia itu sendiri yang melakukan aktifitasnya sehari-hari. Manusia akan membuat tiruannya untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari terutama yang berhubungan dengan dunia luar dan berisiko bagi keselamatan mereka. Manusia akan mengontrol dari dalam rumah melalui komputer untuk mengontrol tiruan mereka.
Menurut saya remote control tidak menyelesaikan masalah tetapi lebih tepatnya memudahkan. Menyelesaikan masalah atau memperburuk masalah tergantung situasi yang bagaimana dan cara sesorang menggunakan remote control tersebut. Akumulasi kecepatan, percepatan khususnya media, merupakan jalan menuju evolusi kebudayaan, seperti dikatakan orang Yunani Saya setuju dan itu memang benar, karena dengan adanya percepatan dan kecepatan media berarti sudah banyak dari masyarakat yang menggunakannya dan mengerti akan media tersebut, dan ini merupakan jalan menuju perubahan kebudayaan nanti kedepannya.
Dengan 2.000 unit NBC, dan semua jaringan TV lain yang terkait dengannya, bisa menurunkan rating penonton dengan menghadirkan acara dengan tipe-tipe tertentu yang tidak menarik karena masyarakat lebih melihat dan menyukai sisi kebenarannya dibandingkan dengan acara yang bisa dikatakan plagiatan dari yang aslinya.
Tidak semua layanan Web yang diberikan itu cocok dan memberi kenyamanan, layanan yang sering kita lihat tidak cocok untuk Web adalah adanya jasa pengiriman barang atau uang, karena kita tidak dapat memastikan secara yakin kalau barang atau uang tersebut dapat sampai dengan selamat ke tempat yang kita tuju.
Ketergantungan dunia online di dunia industri transportasi dan pengiriman barang menjadi berubah karena masih banyak dari masyarakat terutama orang awam yang masih belum yakin dengan dunia online dengan adanya jasa pengiriman barang dan jasa, walaupun sekarang ini masih banyak dari masyarakat yang masih menggunakan jasa di dunia online ini, karena kebanyakan dari mereka yang pernah mencobanya dan berhasil sehingga mereka masih menggunakannya.
Jika layanan pengiriman online menjadi populer di daerah perkotaan, ini memengaruhi karakter hidup di kota besar masyarakat di kota besar justru akan menjadi malas dikarenakan adanya alternative lain untuk mempermudah segala pengiriman, tetapi ini sangat menguntungkan sekali bagi orang-orang yang memiliki kesibukan yang luar biasa. Dan tidak sedikit orang yang bbekerja di jasa pengiriman barang yang tidak bekerja lagi sebagai kurir.
Media komunikasi yang berperan sebagai media yang multitasking adalah Komputer, karena dengan adanya komputer yang disambungkan ke internet orang-orang bisa berkomunikasi melalui chatting, email, video call, dan lain sebagainya.
Media komunikasi apa yang berperan sebagai media yang multitasking,Multitasking sekarang ini menjadi gaya hidup bagi orang-orang yang menggunakan internet dikarenakan masyarakat di zaman sekarang ini lebih menginginkan penyampaian informasi yang lebih cepat dengan tidak membuang-buang tenaga, waktu, dan pikiran, "kualitas hidup" yang berkembang terkait dengan penggunaan multitasking secara konstan manusia akan semakin malas dalam melakukan komunikasi secara langsung, dan juga dengan kita mengendalikan internet sebagai alat komunikasi belum tentu pesan yang disampaikan dari komunikator ke komunikan efektif.
Berdasarkan pengalaman pribadi saya, banyak tugas yang dapat dikerjakan orang sekaligus dalam waktu bersamaan dan masih efektif karena saat ini sudah banyak media yang dapat membantu menyelesaikan tugas sekaligus, dan jika ada hal yang tidak dimengerti kita pun dapat mencari jawabannya melalui internet, sehingga ini mempercepat proses pengerjaan tugas.
Bila saya memperoleh email yang tidak memiliki subject Saya tetap membukanya, karena bisa saja pesan itu penting dan saking pentinya si pengirim lupa untuk mencantumkan subjectnya.
Saya curiga terhadap email yang tidak jelas Karena jika memang email tersebut tidak ada kaitannya dengan saya.
Saya tetap akan membaca email yang berasal dari sumber yang saya tidak kenal Karena bisa saja sebelumnya saya sudah membuat perjanjian dengan orang yang saya belum kenal untuk mengirimkan data ke email saya yang dalam arti data tersebut memang penting bagi saya, dan bukan berarti orang yang belum saya kenal itu tidak ada sangkut paut sebelumnya dengan saya.
Anda bisa menyebutkan bahwa sekarang ini sudah dalam kondisi kemajuan Jika dalam hal teknologi saya katakan sudah maju, tetapi dalam hal manusia yang menggunakan teknologi Apakah komunikasinya, masyarakat di Indonesia saat ini belum bisa dikatakan maju, karena masih banyak orang yang belum mengerti dan juga bisa menggunakan sepenuhnya teknologi yang ada sekarang ini.
Sifat "agresif" mempengaruhi kecepatan, isi, dan nada pesan elektronik e-mail karena dengan melakukan suatu pengiriman data melalui surat elektronik dengan didasari sifat “agresif” maka akan terbawa juga dalam proses penyampaian pesannya.
Saya setuju dengan penulis bahwa e-mail telah menjadi "sebuah gangguan tak henti-hentinya, kewajiban nonstop, dan sumber pembuat stres dan kecemasan" karena sekarang ini banyak masyarakat yang beralih ke surat elektronik atau email dibandingkan dengan pengiriman surat secara konvensional, dengan memiliki proses yang cepat dalam penyampainnya sehingga tidak sedikit orang yang selalu berada di depan komputer terus menerus untuk menanti sebuah informasi dari email, pastinya adanya gangguan seperti virus atau hal lain yang dapat membuat stress dan kecemasan yang melanda.
Rata-rata waktu yang saya habiskan menulis dan menjawab e-mail tidak setiap hari, kemungkianan jika ada yang meng-email ke saya si pengirim memberitahukan ke saya terlebih dahulu via sms atau telepon dan jika diminta balasan hari itu juga saya akan balas, Saya menganggap bahwa saya sudah menggunakan waktu dengan baik bukan hanya berlama-lama depan komputer secara terus-menerus dengan melakukan aktivitas yang begitu-begitu saja, tetapi saya juga mengecek account-account saya yang saya anggap penting untuk dibuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar